Jalan-Jalan ke Kings Park and Botanic Garden

Jalan-Jalan ke Kings Park and Botanic Garden

Jalan-Jalan ke Kings Park and Botanic Garden

Perth adalah salah satu kota yang letaknya paling terpencil di Australia dan jaraknya cukup jauh dari kota-kota lainnya. Secara teritori Kota Perth ini sangat lebih dekat dengan Kota Denpasar daripada ke kota-kota besar lain di Australia seperti Bribane, Sydney atau Melbourne. Perth merupakan ibu kota Negara bagian Australia Barat yang letaknya berada di pinggir pantai dan sangat terkenal sebagai kota pelabuhan. Bagi anda yang melakukan perjalanan wisata ke Perth tentunya akan menemukan ragam tempat wisata menarik dan tentunya gratis.

Jika anda berencana melakukan perjalalan wisata ke Perth, sempatkan diri anda untuk mengunjungi lokasi taman terbesar yang ada di kota Perth yaitu Kings Park and Botanic Garden. Taman Botanic ini merupakan salah satu icon dan menjadi pilihan wisata di Australia Barat. Di King’s Park and Botanic Garden ini bisa berolahraga jogging atau bersepeda sambil menikmati  suasana taman. Di taman yang memiliki luas lahan 400 hektar ini didominasi berupa padang rumput dan semak-semak serta dikelilingi ribuan pohon tua yang sudah berumur 750 tahun, dan masih didalam kawasan King’s Park terdapat juga kebun botani yang luas dengan mengoleksi 3000 spesies flora khas Autralia.

Kebun Botani yang ada di King’s Park ini mulai resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1965. Sedangkan untuk King’s Park itu sendiri dibangun oleh John Forrest sejak tahun 1894 hingga 1918. John Forrest dahulunya dikenal sebagai penjaga hutan lindung di kawasan Swan River, sehingga dinobatkan menjadi bapaknya Botanic  at King Park. Taman ini dahulunya dikenal sebagai Perth Park, yang kemudian diubah namanya pada tahun 1901 sebagai peringatan atas naik takhta Raja Edward VIII sebagai raja kerajaan Inggris, serta penghormatan atas kunjungan George selaku Duke of Cornwall dan Ratu Mary yang kala itu datang berkunjung ke Perth.

Taman yang sangat luas itu berada di daerah ketinggian, sehingga dari sana kita bisa memandang keindahan kota Perth beserta Swan River-nya. Jika anda ingin mengunjungi King’s Park and Botanic Garden, kami sarankan untuk datang setiap bulan September dan Oktober, sebab di sana selalu diadakan pameran dan pertunjukkan bunga liar terbesar di Australia.

Diatas bukit King’s Park and Botanic Garden yang  bernama Gunung Eliza ini, para pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan biru air sungai Swan River yang mengelilingi kota Perth. Sebelum bangsa Eropa datang ke Perth, Gunung Eliza ini dikenal sebagai Mooro Katta dan Kaarta Gar-up oleh suku Nyoongar (salah satu suku Aborigin). Pada bagian selatan daerah itu terdapat sumber air minum Kennedy Spring (Goonininup) yang dibutuhkan klan Yellagonga. Adanya sumber air itu menarik minat perusahaan bir Swan (Swan Brewery) untuk mendirikan usaha yang saat ini berupa restoran, galeri seni, dan daerah tempat tinggal yang mewah.

Yang terasa istimewa jika anda jalan-jalan ke Perth ini adalah dibangunnya Bali Memorial di Kings Park. Monumen itu sebagai peringatan atas meninggalnya 16 orang Australia Barat yang jadi korban Bom Bali 12 Oktober 2002. Monumen tersebut tampak sederhana, namun sebenarnya terbentuk dari 2 aksis. Aksis pertama menunjukkan arah matahari yang terbit pada tanggal 12 Oktober, dan aksis kedua mengarah ke bendera Australia yang berkibar di kejauhan, ke Swan River, dan Darling Ranges.